Simak 4 Tips Beli Rumah Pertama buat Milenial

Sebelum melakukan transaksi, pastikan kamu sudah membaca dengan rinci penawaran-penawaran yang berlaku. Bagi pengguna transportasi umum pun tidak perlu khawatir, di dekat kawasan perumahan Metland Transyogi Cibubur terdapat Terminal Cileungsi yang dapat mengakomodasi perjalanan Anda. Berbicara mengenai rumah pertama buat milenial, tidak ada salahnya bila Anda melirik unit rumah di Metland Transyogi Cibubur. Merupakan kawasan Residential Prestisius berkonsep Humanis Green Environment di Cibubur. Hal tersebut supaya terasa lebih ringan saat mencicil setiap bulannya.


Anda perlu berhati-hati, mengetahui berbagai fasilitas, dan memastikan kondisi rumah yang layak untuk ditinggali. Ketika membeli rumah melalui developer, biasanya sertifikat rumah akan sudah diganti nama dari pemilik lama menjadi nama developer. Jika tertarik membeli, pastikan kamu menanyakan sertifikat tersebut dapat beralih ke nama kamu. Biaya Pajak – Pajak merupakan biaya wajib yang harus dibayarkan ketika melakukan transaksi jual beli properti, baik itu melalui KPR atau pun secara tunai (cash). Jangan lah Anda memaksakan diri untuk mengambil tenor pendek demi mengejar biaya bunga yang lebih murah.


IMB ini merupakan landasan resmi untuk kita mendirikan bangunan, yang di dalamnya tercantum data bangunan. Misalnya dengan memeriksa seberapa besar tingkat keberhasilan developer tersebut dalam membangun hunian hingga ditinggali. Hati-hati terhadap penipuan properti yang mengatasnamakan developer tertentu.


Buat detikers yang punya permasalahan seputar rumah, tanah atau properti lain. Baik itu berkaitan dengan hukum, konstruksi, pembiayaan dan lainnya, tim detikProperti bisa bantu cari solusinya. Kirim pertanyaan kamu via email ke dengan subject ‘Tanya detikProperti’, nanti pertanyaan akan dijawab oleh pakar.


Skor kredit ini sendiri akan menentukan seberapa layaknya kamu memenuhi persyaratan untuk mengajukan KPR. Tidak hanya itu saja, skor kredit ini juga akan menentukan berapa tingkat suku bunga yang harus kamu bayarkan. Biasanya ketika membeli rumah melalui developer, sertifikat rumah akan sudah diganti nama dari pemilik lama menjadi nama developer. Jika tertarik membeli, pastikan konsumen menanyakan lebih jelas dan pastinya kapan sertifikat tersebut dapat beralih menjadi atas nama konsumen. Hal ini sangat penting karena jika sertifikat belum balik nama menjadi nama sendiri, maka konsumen tidak dapat melakukan alih kredit (take over) ke bank lain dari bank saat ini. Pihak bank akan meminta sertifikat atas nama konsumen agar bank dapat menyetujui pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) konsumen dan dijadikan sebagai jaminan yang sah di mata hukum.


Saat menggunakan KPR, kamu akan memiliki cicilan setiap bulannya untuk beberapa tahun sesuai tenor yang kamu pilih. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan kondisi keuanganmu dan menghitung pengeluaran bulanan yang akan kamu hadapi. Nah, bagi Anda para milenial yang saat ini berencana untuk membeli rumah pertama, berikut ini adalah 4 tips yang bisa dilakukan. Pastikan juga jika rumah yang akan kamu beli terletak di tempat yang strategis, dekat jalan raya, Mall, RS, dan tempat ibadah. Kamu juga harus mencari tahu berapa pasaran harga tanah di daerah sekitar, sebelum langsung percaya dengan penjual dan menyerahkan uang DP.


Lebih baik, kamu pilih developer hasil rekomendasi dari orang terdekat. Oleh karena itu, para generasi milenial, pasangan muda, atau orang yang ingin memiliki rumah pertama harus menyiapkan budget khusus. Setelah mengetahui tips efektif untuk memiliki rumah impian pertamamu, sekarang waktunya melindungi rumah impianmu tersebut dengan solusi perlindungan yang tepat. Oleh karena itu, Pashouses sudah merangkum beberapa proses pembelian rumah untuk Anda yang baru pertama kali mau membeli rumah. Booking fee atau biasa disebut sebagai uang tanda jadi, merupakan sebuah kesepakatan untuk melakukan transaksi jual beli properti.


Akhirnya, pemilik merasa dirugikan karena harga sewa yang lebih murah dari pasaran. Negosiasi memang penting karena dapat memengaruhi kepuasan pemilik dan penyewa. Jangan sungkan untuk menawar, siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk rumah idaman. Pastikan developer sudah terdaftar dalam asosiasi pengembang rumah yang dilindungi hukum. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir akan jalannya pembangunan rumah Anda. Cipass Residence , kamu harus bertanya ke pihak developer tentang kepemilikan Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).


Hal ini termasuk cicilan, uang muka, biaya notaris, biaya pindah, dan biaya renovasi. Jika memilih untuk mencicilnya, Anda harus memperkirakan biaya uang muka, cicilan bulanan, dan biaya-biaya terkait lainnya. Dengan demikian, perhitungan pengeluaran Anda untuk memiliki rumah dapat lebih terencana.


Jika kamu memilih sistem pembayaran kredit, maka kamu harus memperhitungkan besar down paymet (DP) agar bisa memenuhi angsuran bulanan. Seringkali, ada penyedia jasa developer yang menipu calon pembeli unit perumahan. Untuk itu, kamu harus memastikan riwayat developer pilihanmu punya latar belakang yang jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *